.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      MEDIA INDONESIA, 20 DESEMBER 2009

      SEANDAINYA AKU Wali Kota


      Surabaya Sadar Baca


      Ida Royani Diana Dwijayanti

      DI tengah derasnya hujan informasi, tidak ada jaminan hal terse­but tidak memberikan dampak pada alam pikir masyarakat. Informasi-informasi yang selalu membawa pesan dan kepentingan tertentu yang datang dari berbagai sisi, tentunya perlu disikapi dengan arif dan bijak oleh masyarakat.

      Untuk menghadapi hal ini, kemauan dan kemampuan un­tuk dapat membaca, memilih, menangkap serta mengevaluasi informasi yang diterima menjadi suatu hal yang penting untuk dimiliki masyarakat.

      Lantas, bagaimana jika masya­rakat tidak atau kurang memiliki kemampuan tersebut jangankan kemampuan, kemauan dan semangat untuk membaca saja masih perlu dipompa dengan sekuat tenaga?

      Pertanyaan itu nampaknya masih cocok jika dikontekskan dalam kehidupan kita. Sebagai warga masyarakat sebuah negara yang diduga berbudaya baca minim, bahkan masuk rangking terendah di Asia Timur.

       

      Seandainya aku adalah Wali Kota Surabaya, peningkatan kualitas intelektual masyarakat sekitar akan lebih aku kedepankan. Menggerakkan gairah diri akan urgensi sadar baca alias minat baca masyarakat yang saat ini kian menjadi krisis wacana dalam implementasinya.

      Mengapa demikian? Sebab dengan memajukan khazanah intelektualitas masyarakat Sura­baya secara otomatis terjadi peningkatan kualitas. Mencetak masyarakat kreatif dan inovatif, memajukan Surabaya khususnya, Indonesia umumnya.

      Tidak perlu repot untuk memulainya. Pertama, aku perhatikan fasilitas yang telah tersedia. Kemudian aku manf aatkan kembali sesuai dengan fungsinya, memeliharanya sebaik mungkin dengan menyertakan partisipasi masyarakat.

      Kedua, mengenalkan pada masyarakat betapa pentingnya gerakan sadar baca bagi wa-wasan intelektual kita. Modal untuk mengarungi percaturan dunia ini.

      Hampir dua tahun terakhir ini, telah dilegalisasikan kebijakan terkait dengan tentang sudut-sudut baca yang sudah disediakan di beberapa tempat. Seperti di beberapa taman-taman kota, puskesmas-puskesmas, rumah susun, dan sebagainya.

      Namun, realitasnya, implementasinya masih kurang optimal dan terkesan terabaikan. Berkesan hanya sebagai ornamen kelengkapan fasilitas Kota Surabaya saja.

      Padahal, jika kita fungsikan akan berdampak positif dan kemungkinan akan terjadi pe-rubahan besar yang signifikan, tanpa kita sadari kehadirannya. Saat ini sudah terbaca bahwa minat baca masyarakat sekitar masih sangat rendah.

      Buktinya, penyediaan fasilitas sudut-sudut bacaan tersebut jarang mereka perhatikan. Hanya mereka lalui begitu. Dari sini, dapat kita ketahui ada sesuat yang tidak beres di dalamnya. Entah karena rendahnya minat baca masyarakat atau karena tidak menarik untuk dibaca atau sebaliknya.

      Jika aku adalah Wali Kota Surabaya, akan aku buat substansi sudut-sudut baca tersebut semenarik mungkin. Dengan de­mikian, orang yang lalu-lalang di sekitarnya tidak bisa tidak, akan berminat membacanya, walau hanya sebaris kata.

      Aku percaya menggerakkan sadar baca masyarakat Sura­baya, pendidikan serta pengeta huan intelektual masyarakatnya akan terakreditasi baik dan semakin berkualitas. Membuat masyarakat Surabaya lebih maju, mencerdaskan bangsa, menanggulangi kemiskinan dan buta huruf yang mengakar. (M-5)

      Comments
      Wirawati  - Walikota Tak Membaca   |2014-12-21 05:51:55
      ketika walikota malas baca, malas mendidik dan tidak paham apa manfaat membaca,
      maka semua kebijakan pemerintahannya mengarah pada kemalasan, pembodohan dan
      pemiskinan
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Friday, 02 March 2012 05:16  

      Items details

      • Hits: 26106 clicks
      • Average hits: 326.3 clicks / month
      • Number of words: 4554
      • Number of characters: 41606
      • Created 6 years and 8 months ago at Friday, 02 March 2012 by Administrator
      • Modified 6 years and 8 months ago at Friday, 02 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Google+ Facebook Twitter mail SC