.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      Media Indonesia 15 Juli 2008

       

      Hari Pertama Masuk Sekolah Buku Murah Sulit di Unduh

      JAKARTA (Ml): Program buku rtiurah dari pemerintah yang dicanangkan tahun ini ternyata belum bisa di-manfaatkan pihak sekolah dalam memasuki tahun ajaran baru 2008-2009.

      Pengadaan buku teks pelajaran di hampir semua sekolah masih menggunakan model konvensiorial dari penerbit.Pengamatan Media Indonesia di beberapa sekolah baik di Jakarta maupun daerah, perrianfaatan program buku murah yang bisa diunduh dari laman belum dapat terealisasi. "Kami memang sudah menerima surat edaran Menteri Pendidikan Nasional tentang pro­gram itu, tapi khusus untuk wilayah Sulawesi Utara masih pada tahap sosialisasi. Siswa di Sulawesi Utara belum menggunakan buku pelajaran semacam itu," kata Wakil Kepala Dirias Pendidikan Sula­wesi Utara, Arnold Poli, kemarin. Demikian pula pengamatan acak di Kota Padang, Sumatra Barat. Semua sekolah masih me-manfaatkan buku paket biasa da­lam proses belajar-mengajar pada hari pertama. tahun ajaran baru, kemarin. "Kami masih menggu­nakan buku biasa, bukan buku yang diunduh dari komputer Depdiknas," kata Desi, guru SMA Negeri 14 Padang.

      Ditambahkannya, pihak seko­lah mengetahui ada buku digital yang disediakan Depdiknas secara gratis namun masih ditemui kesu-litan untuk mengunduhnya. "Ka­mi masih menghadapi keterbatasan pengetahuan teknis."

       

      Demikian juga yang terjadi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Hari pertama tahun ajaran baru berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Keterangan yang dihimpun Media Indonesia di bebe­rapa sekolah dan dinas pendidikan di Kendal menyebutkan pro­gram buku digital yang diluncurkan Depdiknas masih belum dapat terlaksana.

      Penyebabnya, selain kesulitan mengakses program tersebut, tidak semua sekolah memiliki fasilitas internet. "Kita telah mencoba beberapa kali mengakses buku di­gital tersebut, tapi selalu gagal," kata Sunarto, kepala SMA negeri di Kendal.

      Kepala Bidang Pendidikan Me-nengah Dinas Pendidikan Kendal Utomo juga mengakui sebagian besar sekolah masih kesulitan mengakses buku digital lewat internet, meski sekolah memiliki jaringan internet.

      Dari ratusan sekolah dasar (SD) di Kendal, baru 10 sekolah yang sudah mempunyai jaringan inter­net. Pi pihak lain, dari sekitar 200 SMP/MTs, baru 40 sekolah yang mempunyai jaringan.

      Peran guru

      Dalam kesempatan terpisah, Rektor Universitas Bina Nusantara Geraldus mengatakan sudah saatnya para pendidik siap melakukan transformasi dalam pengembangan bahan ajar yang menggu­nakan basis kemajuan teknologi informasi komunikasi (TIK).

      Jika para pendidik tidak siap mengembangkan bahan ajar ber-basis TIK, dampaknya proses pembelajaran menjadi sulit berkembang. la menyampaikan hal tersebut pada ceramah umum widyaiswara Perspektif Pemanfaat­an TIK dalam Pengelolaan 'Pen­didikan (e-learning) di Indonesia' di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, kema­rin, Geraldus juga mengkhawatirkan program pemerintah dalam membangun jejaring TIK di seko­lah yang tidak dibarengi dengan kesiapan pendidik, untuk mengupdate informasi bahan ajar terse­but.


       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Friday, 24 February 2012 09:47  

      Items details

      • Hits: 539 clicks
      • Average hits: 5.9 clicks / month
      • Number of words: 810
      • Number of characters: 6449
      • Created 7 years and 8 months ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,796
      • Sedang Online 128
      • Anggota Terakhir Dr. Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9122468
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      October 2019
      S M T W T F S
      29 30 1 2 3 4 5
      6 7 8 9 10 11 12
      13 14 15 16 17 18 19
      20 21 22 23 24 25 26
      27 28 29 30 31 1 2

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC