.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      REPUBLIKA, 19 AGISTUS 2008

       

      Jangan Sia-siakan

      Anggaran Pendidikan

      Pemerintah sudah memastikan, anggaran pendidikan da­lam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2009, dinaikkan menjadi 20 persen dari total APBN. Ke­putusan Mahkamah Konstitusi (MK) boleh jadi ikut ber­peran dalam keputusan menambah anggaran pendidikan tersebut. Apa pun, kita rasanya patut menyambut hangat kenaikan anggaran pendidikan.Kenaikannya cukup besar. Jika dibanding anggaran tahun lalu ada kenaikan sekitar Rp 70 triliun, menjadi Rp 224,4 tri­liun. Kondisi anggaran sebenarnya terbatas untuk memenuhi tuntutan 20 persen anggaran pendidikan. Pemerintah, seperti diungkap Menteri Keuangan, tak mungkin memangkas anggaran infrastruktur, pertahanan, atau kesehatan, hanya untuk memenuhi tuntutan anggaran pendidikan itu.

      Akhirnya, diputuskan kenaikan anggaran pendidikan akan dilakukan dengan penambahan utang, baik melalui utang luar negeri maupun lewat penerbitan surat berhar­ga negara. Tin berarti defisit anggaran membengkak. Dan menurut perhitungan, defisit anggaran yang awalnya diren­canakan hanya 1,6 persen dari total APBN, yaitu sebesar Rp 82,1 triliun, membengkak menjadi 1,9 persen atau sekitar Rp 99,6 triliun Sekali lagi, kita patut menyambut hangat kenaikan anggaran pendidikan. Namun, bersamaan dengan itti, mencuat pula kecemasan. Pasalnya, kenaikan anggaran yang begitu besar ternyata tidak dibarengi dengan program-program pe­ningkatan kualitas penclidikan yang komprehensif, terarah, dan terukur. Alokasi anggaran paling banyak akan masuk pos Dana Alokasi Umum (DAU) untuk membayar gaji guru.

      Kita sependapat jika dikatakan peningkatan kesejahte­raan, termasuk menaikkan gaji, guru menjadi prioritas. Dengan kesejahteraan yang meningkat, memang me­mungkinkan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar-mengajar. Tapi hams pula diingat, peningkatan kualitas pendidikan tidak lantas berhenti setelah gaji guru naik. Selain peningkatan kesejahteraan guru, masih banyak peketiaan rumah bidang pendidikan yang mesti dibenahi.

      Bagaimana dengan sekolah-sekolah yang nyaris roboh? Bagaimana pula menciptakan pemerataan fasilitas pen­didikan, termasuk buku-buku pelajaran bagi berbagai se­kolah yang ada? l3esarnya kenaikan anggaran pendidikan 2009 harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Begitu pula pertanyaan terkait pengawasan atas pen­gucuran anggarannya. Maka, tak ada pilihan lain bagi

      Pemerintah kecuali secepatnya menyusun program terkait pendidikan yang terarah dan terukur. Termasuk mekanisme penyaluran dana serta pengawasannya.

      Ingat! Kenaikan anggaran pendidikan yang sangat besar itu dibiayai utang, yang nantinya boleh jadi harus dibayar oleh pihak-pihak di luar dunia pendidikan. Utang yang membengkak, juga defisit anggaran yang makin besar, sesungguhnya membawa APBN 2009 dalam posisi rawan. Apalagi, dalam situasi ekonomi tak menentu seperti seka­rang. Situasi ini akan membawa semua pihak bekerja keras untuk menambal defisit yang membesar.

      Kita jelas tak ingin pemanfaatan kenaikan anggaran pen­didikan yang sangat besar itu tidak efektif dan tidak efisien. Setelah `mengorbankan' defisit anggaran, seluruh instansi dan pihak terkait dunia pendidikan mestinya berpikir keras supaya kenaikan anggaran pendidikan bisa dinikmati semua­siswa tak mampu, termasuk yang ada di pelosok; supaya infrastruktur dan fasilitas pendidikan jadi jauh lebih baik ketimbang sebelumnya; supaya ratusan triliun anggaran pendidin tak jadi ajang korupsi baru. Ingat! Semua di­biayai utang. Jangan sampai sia-sia.

       

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Thursday, 23 February 2012 07:32  

      Items details

      • Hits: 338 clicks
      • Average hits: 3.6 clicks / month
      • Number of words: 755
      • Number of characters: 6125
      • Created 7 years and 10 months ago at Thursday, 23 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 10 months ago at Thursday, 23 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 136
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9126957
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC